Aku ingin membuat thread bagaimana menyenangkan hati orang lain walaupun gatau orang itu seneng apa enggak tapi seenggaknya kita sudah berusaha. Oke baiklah kita mulai.
1. Sisihkan 1rbu/2rbu buat parkir di atm, apalagi kalo sampe diparkirin sampe jalan raya. Walaupun kita parkir gak nyampe 5 menit, atm itu rawan kejahatan. siapa tau kalo kita lagi apes kita diapa*in di atm, tukang parkir satu*nya yg bisa nolong.
2. Selalu bilang terimakasih yang bener* kedengeran sama pelayan tiap abis pesen dan makanan kita dianter. Dia mungkin agak awkward. jawabnya, tapi siapatau ucapan makasih kita bisa bikin semangat.
3. Bilang terimakasih ke kasir. Ya ini juga sepele sih. Tapi perhatiin deh kasir* itu punya sop (eh apa aturan ya) tiap ngasih kembalian, mereka selalu bilang makasih dengan sopan. Gak ada salahnya balikkin makasih mereka.
4. Kalo lantai mall lagi dipel, sebisa mungkin jangan kita injekkin plis. Lewat jalan lain, jalan jinjit, atau apapun sebagai bentuk penghargaan ke cleaning sevice. Kalo gak bisa, bilang permisi. Bilangnya sampe bener* kedengeran ya, jangan ngegumam doang.
5. Kalo abis nongkrong di indomaret, atau minimarket apapun sambil ngemil, sampahnya tolong dibuang sendiri ya. Kan fungsi minimarket sesungguhnya adalah orang datang dan pergi, gak pake nongkrong. Masa mas dan mbak* minimarketnya harus bersihin sampah bekas kita juga *sudah kuduga*
6. Kalo ada kardus yg dijejer di pintu masuk minimarket karena hujan, itu bukan sekedar diinjek doang. Sebelum kalian masuk, usek* dulu sepatu di kardus sampe kira* gak ada jejak kotor lagi. Baru nginjek lantai. Inget, usek* sepatu dulu, jangan main lewat gitu aja.
7. Tumpuk di tengah. Ini syukurnya sudah rame kampanye beginian dan ada testinya juga kalo pelayan sangat terbantu. Tiap abis makan, piring atau mangkoknya tumpuk di tengah atau minimal dirapihin deh mejanya, jangan dibiarin kayak meja dinner dash.
8. "Pulsanya sekalian? Ada lagi? Ada kartu indomaretnya?" sampe bosen kan kita jawabnya. Tapi itu bagian dari SOP dan kasir pun sebenernya lelah nanya begituan. Makanya kita jangan bikin mereka tambah lelah. Sebisa mungkin jawab "enggak, terima kasih" dgn sans dan jangan nyolot.
9. Kalo abis nonton di bioskop, itu sampah popcorn sama minuman dibawa keluar, itu kan sampah kalian juga. Masa harus petugas cleaning service yang bersihin hal yang bisa kita bersihin sendiri?
10. Kalo keluar dari bank dan dibukain pintu sama satpam, jangan lupa bilang terimakasih dan senyum. Satpam bank adalah petunjuk di tengah kebingungan kita di bank kan. Satpam bank tahu segalanya. Jadi bales juga keramahan mereka dengan keramahan yg sama.
11. Agak sensitif but, never ever look at muka* non indo alias non pribumi YANG SAMPE SEGITUNYA. aku berulang kali liat orang* ngeliatin orang2 etnis lain kayak mereka dateng dari manaaa gitu. Hey, biasa aja dong.
12. Pernah lewat trotoar dan ada bapak atau ibuk jongkok gitu kan di trotoar. Walaupun kita gak kenal, tetep bilang permisi. Kalo aku di jawa selalu bilang "nderek langkung" dan dijawab mereka dgn "nggih monggo". Simpel sih, tapi sebagai anak zaman sekarang, yang kayak gitu tuh bakal dihargai sama orang tua.
13. Kalo kalian pernah dibukain pintu mobil dan dipayungin sama tukang parkir, then he's the one! Haha maksud aku, kasih uang lebih. Theyve done a lot than they should.
14. Hm ini mungkin gak penting. Tapi buat kalian yg punya ART di rumah terus mereka dateng buat nyapu atau ngepel di bawah kursi yang kita dudukkin, kita pindah tempat aja. Pura* mau minum atau mau pipis kek. Biar apa ya, biar gak kayak di sinetron* aja gitu. ngerti kan?
15. Terkhusus di mekdi, kfc, sebisa mungkin satukan semua sampah. Kertas bungkus nasi, tempat saos yg kecil, bungkus burger dan fries, semua dimasukkin aja ke gelas pepsi. Bantu pelayan disana. Simpel sih, tapi kita aja jijik kan ngeliat sampah gituan berantakan?
16. Jangan menyambut bapak* gofood atau delivery dengan kata* "kok lama sih pak?"
Duh, makanan kalian nyampe aja harusnya bersyukur
17. Kalo kalian punya ART yang dateng pagi pulang sore, bawain mereka makanan yg mereka masak di rumah kita. Jd istilahnya, apa yg dia masak di rumah kita juga apa yg bakal dia makan di rumahnya. It means a lot to them.
18. Terima brosur dari spg, tertarik atau ga tertarik. Kalau mau dibuang silakan, tapi jgn di depan mata spg tersebut.
19. Kalo abis liat2 baju atau barang, coba belajar ngembaliin posisinya menjadi rapi seperti sediakala. Simpel sih, tapi apa salahnya sih membantu mba2/mas2 disana utk merapikan apa yg udah kita acak2
20. Kalo lagi naik ojol, coba deh iseng mampir ke minimarket bilang mau beli sesuatu. Tp ternyata kita beli minum atau snack buat driver, nanti dikasihinnya pas udah nyampe tujuan. Bilang aja "ini pak buat di jalan"
That moment when they smile :')
Komentar
Posting Komentar